Sejarah Singkat

Sejarah Singkat STAI “UISU” Pematangsiantar

Pemuda-pemudi Islam, Pejuang Kemerdekaan RI mendirikan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) sejak tanggal 7 Januari 1952 yang silam, dari tahun ke tahun merasa terpanggil terus mencari upaya dan usaha mengembangkan UISU sebagai suatu Institusi Islam di Sumatera Utara.

Sadar betapa pentingnya fungsi dan peranan Dakwah Islam harus dibina terus untuk melahirkan Mubaliqh / Dai yang berpendidikan tinggi, yang mempunyai wawasan luas, serta menampung hasrat guru-guru dan Dai kita melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Maka pada tahun 1960 yang lalu Dewan Pimpinan Yayasan UISU mendirikan Fakultas Dakwah di Pematangsiantar. Atas bantuan moril dan dukungan Korem dataran Tinggi, diperoleh sebidang tanah untuk pembangunan Kampus UISU/Fakultas Dakwah UISU. UISU sengaja memilih Pematangsiantar sebagai tempat Fakultas DAkwah, karena merasa perlu menjadikan daerah Pematangsiantar – Simalungun sebagai Front Pusat Dakwah Islamiyah.

Dari tahun ketahun Fakultas Dakwah berjalan terus dan telah melahirkan sarjana-sarjananya dan senantiasa mendapat bantuan dan simpati dari Pemerintah Daerah setempat, serta Alim Ulama. Tokoh adat dan Pemuka Masyarakat Pematangsiantar-Simalungun. Untuk kelancaran pengelolaan Administrasi maka didirikan Badan Perwakilan Yayasan UISU Pematangsiantar-Simalungun yang merupakan cikal bakal untuk mengelola Fakultas Dakwah.

Setelah diadakannya musyawarah antara Pihak Dewan Pimpinan Yayasan UISU Medan dengan Badan Perwakilan Yayasan UISU Medan dengan badan Perwakilan UISU Pematangsiantar-Simalungun, disepakati bahwa di daerah ini hanya satu Fakultas yaitu Fakultas Dakwah.

Pendirian bangunan yang terletak di atas tanah UISU adalah merupakan bantuan Pemda, Korem, Perkebunan Negara/Swasta, Infak dermawan-dermawan Islam, wakaf dan bantuan-bantuan dari Dewan Pimpinan Yayasan UISU Medan/Fakultas Kedokteran danm lain sebagainya.

Sesuai dengan ketentuan Departement Agama tentang kedudukan Fakultas Keagamaan yang berada di luar kota induk Universitasnya harus dirubah kelembagaannya, mulai terhitung sejak tanggal 22 Oktober 1997. Fakultas Dakwah UISU diubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) UISU Pematangsiantar yang pengelolaannya langsung berada di bawah Yayasan UISU dan bukan berada di bawah Rektor lagi.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pematangsiantar, saat ini dipimpin oleh saudara Mukhtar Lubis, M.M.  sebagai Ketua yang dipilih dalam Rapat Senat STAI-UISU. Saat sekarang ini STAI-UISU Pematangsiantar mengelola 2 (dua) Program Studi yaitu : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Terakreditasi C dan Prodi Pendidikan Agama Islam Terakreditasi B.