Program Studi Pendidikan Agama Islam

Ketua Prodi PAI : Hj.Junaini Sihotang, M.Pd

Program Studi Pendidikan Agama Islam Terakreditasi -B- No : 324/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015

Visi :
Menjadikan Program Studi Pendidikan Agama Islam yang Profesional, Unggul dalam penguasaan Ilmu Pengetahuan dan tekhnologi bidang Pendidikan Agama Islam
.

Misi :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang komprehensif agar terciptanya calon guru
    yang profesional dalam mengembangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik
    dalam pengajaran agama Islam
  2. Mengembangkan inovasi pengkajian ilmu-ilmu keIslaman dengan pendekatan
    kuantitatif dan kualitatif sehingga mampu mengaktualisasikan pembelajaran
    pendidikan agama Islam
  3. Menyiapkan tenaga kependidikan di masyarakat yang memiliki keahlian dalam
    bidang pendidikan agama Islam
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan dan
    menyiapkan tenaga kependidikan bidang Pendidikan Agama Islam
  5. Menyelenggarakan pelatihan, penelitian, pengabdian secara berkesinambungan
    dalam rangka mengimplementasikan ilmu, minat dan bakat mahasiswa dalam
    kependidikan bidang pendidikan agama Islam
RUMUSAN KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)

Deskripsi Umum

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa;
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dan islami di dalam menyelesaikan tugasnya;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat, lingkungan dan pendidikan Islam
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1)

Deskripsi generik level 6 (paragrap pertama)

Mampu memanfaatkan Ipteks dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

Deskripsi Spesifik :

  1. Mampu menyusun perangkat pembelajaran berbasis teknologi informasi
  2. Mampu melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi.
  3. Mampu menerapkan teori-teori pendidikan berbasis teknologi informasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islam
  4. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan secara umum dan konsep teoretis bagian bidang pengetahuan tertentu secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural

Deskripsi Spesifik :

  1. Menguasai konsep landasan dan wawasan ilmu pendidikan dan ilmu pendidikan Islam secara mendalam sebagai titik tolak dalam mengembangkan keilmuan pendidikan Islam dan sarana untuk membimbing peserta didik mencapai standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar pendidikan nasional.
  2. Menguasai substansi kajian materi PAI secara luas dan mendalam yang memungkinkannya untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar pendidikan nasional
  3. Menguasai teori-teori pembelajaran PAI dan penerapannya dalam pembelajaran yang mendukung pelaksanaan tugas pendidikan
  4. Menguasai konsep integrasi ilmu agama Islam dan keindonesiaan dalam pembelajaran.
  5. Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dan kepemimpinan Islam dalam menggerakkan dan mengendalikan pembudayaan, pengamalan ajaran agama Islam dan perilaku akhlak mulia di sekolah atau madrasah.

Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi.

Deskripsi Spesifik :

  1. Memiliki kemampuan mendesain dan melaksanakan kegiatan penelitian di bidang pendidikan dan pendidikan agama Islam.
  2. Memilki kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
  3. Mampu melakukan pemecahan berbagai masalah pendidikan dan pendidikan agama Islam
  4. Memaham iisu-issu pendidikan dan pendidikan agama Islam
  5. Mampu memahami dan memaknai berbagai fenomena PAI secara wajar
  6. Mampu memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masysrakat tentang berbagai isu pendidikan dan pendidikan agama Islam.

Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)

Bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Deskripsi Spesifik :

  1. Memiliki kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.
  2. Mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan profesinya secara mandiri dan percaya diri
  3. Mampu berfikir secara dinamis dalam memahami wacana kependidikan dan kependidikan islam