PIAUD

PRODI : PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) –SK Menteri Agama Republik Indonesia No: 216 Tahun 2020

Nur Halimah, S.Pd.I, M.Th

Ketua Prodi : PIAUD

Visi :

Menjadikan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini sebagai Program Studi yang unggul dan Islami dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini

Misi :

– Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran yang komprehensif agar terciptanya calon guru yang profesional dalam mengembangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

– Mengembangkan inovasi pendidikan sehingga mampu mengaplikasikan pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini

– Menyelenggarakan penelitian, pengabdian secara berkesinambungan dalam rangka mengimplementasikan ilmu, minat dan bakat mahasiswa dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini

– Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan dan menyiapkan tenaga pendidik dalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Tujuan

1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah sebagai guru yang profesional pada jenjang anak usia dini

2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang mampu memenuhi tuntutan dan kebutuhan pada satuan pendidikan anak usia dini

3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang menguasai ilmu pendidikan usia dini secara mendalam dan komprehensif dalam memecahkan masalah pendidikan usia dini masyarakat

4. Menyiapkan ketersediaan program pelatihan guru-guru dan manajemen anak usia dini yang profesional

Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam anak usia dini yang kreatif dan inovatif bagi peningkatan mutu pada jenjang anak usia dini dan taman kanak-kanak.

KURIKULUM Program Studi PIAUD

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Lulusan PS-PIAUD diharapkan memiliki profil sebagai berikut :

  1. Pendidik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  2. Konsultan pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  3. Menjadi Pimpinan pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  4. Edupreneur bidang Pendidikan Anak Usia Dini
  5. Menjadi Juru Kisah Profesional AUD
    1. Kompetensi utama lulusan
      1. Mampu mendesain kurikulum di satuan PAUD sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip pembelajaran
      2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran holistik integratif di satuan PAUD
      3. Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran anak usia dini
      4. Mampu memfasilitasi potensi anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan beragama di kehidupan sehari-hari
      5. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran anak usia dini di satuan PAUD dan masyarakat
      6. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran anak usia dini di satuan PAUD secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran
      7. Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan terkait dengan anak usia dini di satuan PAUD secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif
      8. Mampu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist tentang pendidikan anak usia dini dan mengaplikasikannya ke dalam pembelajaran
      9. Mampu mengembangkan potensi anak usia dini melalui pembelajaran berbasis seni
      10. Mampu mengembangkan alat permainan edukatif pada pendidikan anak usia dini.
    2. Kompetensi pendukung lulusan

Kompetensi pendukung lulusan akan membentuk mahasiswa PS-PIAUD memiliki kemampuan antara lain dalam:

      1. Menyusun deskripsi saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
      2. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi
      3. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja
      4. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar
      5. Mampu menghafal dan memahami al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
      6. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.
    1. Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan akan membentuk mahasiswa PS-PIAUD yang memiliki kemampuan, antara lain:

      1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
      2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
      3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
      4. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

    Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.