PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB

PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN  BELAJAR BAHASA ARAB

PERANAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN
BELAJAR BAHASA ARAB
Firdaus Fauzi
Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI “UISU” Pematangsiantar
Jln. Sangnawaluh Km 4,5 Pematangsiantar
Email: Maherfauzi85@gmail.com

Abstract: The teacher’s role in overcoming Arabic learning difficulties is very helpful. Difficulty learning Arabic experienced by students comes from two factors, namely internal factors and external factors: a.Internal factors come from the physical and psychological conditions of the students themselves. b.Meanwhile, external factors focus on three environments, namely family, school and community environment. The teacher’s effort in overcoming difficulties in learning Arabic is to provide motivation and complete facilities.

Kata Kunci : Overcome The Difficulties Of Learning Arabic

A. Pendahuluan

Allah SWT menciptakan manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi dengan dilengkapi berbagai kesempurnaan. Berbagai kesempurnaan (terutama akal) yang menjadikan manusia lebih mulia dari makhluk Allah SWT yang lain, tentu saja apabila manusia mampu memfungsikan segala potensi sesuai dengan kodratnya.
Namun jika manusia menyalahgunakan kelengkapan dan potensi yang diberikan Allah SWT itu, maka manusia dapat menjadi makhluk yang memiliki derajat rendah dan bahkan lebih hina dari binatang sekalipun. Potensi yang ada pada manusia selayaknya difungsikan dan dikembangkan sesuai dengan kodratnya, sehingga mampu menjalankan fungsi kepemimpinannya, termasuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Alaq (96): 1-5 yang berbunyi :
Artinya :
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhan-mu yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam.Dia mengajarkan kepada manusia dari apa yang tidak diketahuinya.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *