Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Ikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas

Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Ikuti Pelatihan Pengembangan Kapasitas

(Simalungun/11/12/2021) Mahasiswa Penerima KIP Kuliah STAI “UISU” Pematangsiantar Tahun Anggaran 2021/2022 ikuti program pelatihan pengembangan kapasitas keterampilan hidup berternak ikan Nila yang diadakan di Pokdakan Sumber Sarana Sari di Desa Purwosari Kec.Pematang Bandar Kab. Simalungun Sabtu, 11 Desember 2021. Turut hadir dan pembuka acara dalam pelatihan adalah Ketua STAI “UISU” Pematangsiantar Drs.H.Mukhtar Lubis, M.M. didampingi Wakil Ketua I : Hadi Suprapto, S.Ag,M.Kom.I, Wakil Ketua III : Mhd.Jali Ahfaz Ritonga, SS,M.A., Ketua Prodi PAI : Junaini Sihotang, S.Pd,M.Pd, Ketua BPM Ahmad Dai Parinduri, SP, M.M., Sekretaris Prodi : Drs.Paisri, M.M. dan beberapa staf dan pegawai. Sedangkan sebagai pemateri di hadirkan dari Penyuluh Perikanan Kab.Simalungun : Ali K.Siregar

Dalam sambutannya Ketua STAI “UISU” Pematangsiantar, menyampaikan bahwa STAI “UISU” Pematangsiantar 2 tahun terakhir menerima bantuan beasiswa KIP Kuliah dari Diktis Kementerian Agama RI yang diperuntukkan bagi mahasiswa/i yang kurang mampu yang menempuh kuliah di STAI “UISU” Pematangsiantar, yang mana mahasiswa penerima KIP Kuliah adalah mahasiswa yang telah di seleksi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah. Dalam Juknis bantuan KIP Kuliah disebutkan bahwa mahasiswa penerima KIP Kuliah disamping mendapatkan bantuan biaya kuliah dan biaya hidup, juga diberi pelatihan life skill agar setelah tamat kuliah nantinya, mahasiswa tersebut dapat mempunyai keterampilan hidup atau mampu menciptakan lapangan usaha yang bukan hanya bermanfaat bagi dirinya saja namun juga bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Untuk itu kegiatan pelatihan yang sudah ketiga kalinya ini mahasiswa dibekali bagaimana cara beternak ikan nila di kolam, sesuai dengan geografis wilayah Simalungun berupa lahan pertanian dan perikanan yang sangat mendukung bagi mahasiswa penerima KIP kuliah untuk mengaplikasikannya.

Dalam pemaparannya Pemateri Ali K.Siregar yang juga sekaligus berprofesi sebagai penyuluh perikanan Kab.Simalungun menyampaikan dengan panjang lebar cara  beternak ikan nila dari persiapan hingga pembesaran dan pembudidayaan ikan nila sampai dapat di panen dan bernilai ekonomis.

Setelah pemaparan dan penjelasan di ruangan pelatihan, peserta pelatihan diajak secara langsung melihat pembudidayaan ikan nila di kolam Pokdakan Sumber Sarana Sari. Mahasiswa tampak antusias mengikuti pelatihan sampai selesai, karena dapat secara langsung melihat kesulitan dan kemudahan dalam budidaya ikan nila. Penutup acara pelatihan diakhiri dengan peserta makan bersama Ikan Nilai Bakar yang sudah disediakan oleh Pemilik Kolam Budidaya ikan Pokdakan Sumber Sarana Sari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *